Yanni atau Laurel ??!! Asal usul suara Yanny dan Laurel.

Belakangan ini banyak warganet yang terlibat perdebatan hangat karena ulah Yanny dan Laurel. “Lho, memang siapa sih mereka sampai bisa bikin heboh dunia maya? Apa mereka itu model panas?".
Bukan, bukan, mereka bukan siapa-siapa melainkan hanya sebuah rekaman suara yang pertama kali diposting oleh @CloeCouture di Twitternya tanggal 15 Mei lalu. Penjelasan di rekaman suara tersebut kira-kira begini “Apa yang kamu dengar, ‘Yanny’ atau ‘Laurel’?”

Hasil gambar untuk pendengaran
dari Jagapati.com

Kemudian dari situ perdebatan pun mulai terjadi; gak sedikit netizen yang dengar “Yanny”, tapi netizen yang dengar “Laurel” juga gak mau kalah. Warganet saling kekeuh mempertahankan pendapatnya. Tapi hampir sama seperti kasus The Dress dua tahun silam; perdebatan semacam kayak gini pasti gak akan bertahan lama. Tinggal menunggu pendapat para ahli dan semua selesai. Makanya, mumpung isunya masih hangat, yuk kita ikut nimbrung juga!


dari Youtube : Guardian News

Bagaimana apa yang kalian dengar, kalo menurut saya ya itu tergantung fikiran kita, Jika kalian berpikir itu Yanny pasti kalian menganggap Yanny dan jika kalian berfikir itu Laurel pasti kalian akan menyebutnya laurel.

Tapi gak sedikit juga netizen yang dibikin bingung dan plin-plan. Mereka yang masuk kategori ini mengatakan kalau rekaman itu berubah-ubah di telinga mereka, kadang “Yanny” kadang “Laurel”. Ada juga warganet yang bilang kalau di rekaman itu terdengar “Yenny,” tapi sehari sebelumnya di video itu mereka mendengar “Laurel”, atau sebaliknya. Ada pula yang bilang kalau rekaman itu bilang “Yammy”.
dari indianexpress.com
Jadi, apa kata yang sebenarnya diucapkan dalam rekaman itu?
Saya Mencari dari beberapa sumber mengatakan, asal usul suara itu dari Seorang murid bernama Katie Hetzel yang lagi belajar kata “Laurel” untuk tugas sekolahnya mencari kata itu di Vocabulary.com. Setelah menemukan katanya, dia memutar file audio cara pengucapan “Laurel” di situs tersebut. Tetapi setelah diputar, kata yang Katie dengar malah “Yanny”. Dia simpan audio tersebut lalu bertanya ke temannya apa yang mereka dengar. Seperti yang bisa diduga, jawaban jawaban teman-teman Katie berbeda-beda.
Karena cukup membingungkan, salah satu teman Katie akhirnya membuat thread tentang audio tersebut di forum Reddit. Mungkin dari sana lah rekaman itu diambil dan diposting oleh Cloe Feldman ke Twitter.
Selain berdebat, ternyata banyak juga netizen yang nyoba ngasih solusi. Bahkan Wired sampai mewawancarai langsung seorang neuroscientist, Tyler Perrachione, untuk menjelaskan fenomena ini. Belakangan terungkap bahwa telinga kita mendengar berbeda-beda tergantung dari frekuensi yang dihasilkan rekaman tersebut. Perbedaan ini bisa dipengaruhi oleh jenis media yang memutar rekaman itu (radio, TV, smartphone, atau laptop). Dalam frekuensi tinggi rekaman akan terdengar “Yanny,” sedangkan jika pitch-nya diturunkan maka akan terdengar “Laurel.”
Mungkin cukup dulu dari saya, Bila ada kekurangan mohon di komen bisa di bahas. Terimakasih

Comments